SELAMAT DATANG DI BLOG KRISHNA ELECTRONIC

Jumat, 01 Maret 2013

TV SANYO DINAMIC 21" TIDAK ADA SUARA

TV SANYO DINAMIC 21" TIDAK ADA SUARA


Kemarin aku  sedang dapat servis panggilan di desa Bumidaya Kecamatan Palas kabupaten lampung selatan yaitu: Tv sanyo dinamic 21" dengan keluhan pemilik tv; gambar bagus tapi bisu alias tidak bersuara meskipun volume disetel posisi maximum. Segera saja aku buka casing tv tersebut ( setelah berdo'a dulu tentunya ), pertama aku cek speker, masih bagus, cek Audio Power Amplifiernya, lho kok masih bagus juga, apanya niiiich?....  coba  solder ulang blok Ic crhoma dan PA, tv coba ku hidupkan lagi ceklik......... walaah masih sama aja, haduh. cek tegangan normal semuanya, apanya nih?. segera aku ambil keputusan  dengan negoisasi dengan si pemilik TV bahwa tv ini sudah masuk kategori rawat inap ( hehe kayak orang sakit aja). trus tv aku bawa pulang ke bengkel.
    ketika malamnya dibengkel sendiri, aku coba lebih detail dalam meneliti pencarian biang keroknya.   1/2 jam belum berhasil, haduh mumet iki sirae,  coba buka internet cari-cari artikel tentang kerusakan yang sejenis , mula-mula aku curiga yang rusak adalah kristal filter 5,5 nya disitu ada 2 coba aku ganti semuanya dapat dari kanibalan,  wee ternyata masih sama juga nih, haduh tinggal ngerokok dulu ah.... Sambil ngerokok cari-cari lagi di internet begitu selesai nulis di kolom pencarian Google klik....., tiba-tiba ops sory( maaf langganan SmartFrend anda telah habis, silahkan isi ulang untuk melanjutkan paket internet aja) karna udah malam  istirahat aja.
    Malam kedua setelah perpanjang paket internet langsung cari- artikel lagi, nah ini dia ketemu artikel yang cocok di Blog HOBBY TEKNIS ELEKTRONIKA,dengan judul artikel SANYO TIDAK ADA SUARA, aku ikuti cara-cara di artikel itu yaitu cut kapasitor kutu yang ke ground di pin 48 icQXXAVB488M, terus cut lagi resistor kutu 10k  di ic pin 45 yang ke ground, setelah itu aku jamper input PA ke pin 45 yaitu pin Audio out ic QXXAVB488M, coba tv di hidupkan sambil nahan napas, jreng tv bersuara dengan normal, lega rasanya hatiku, sambil senyum tentunya.
  Blog HOBBY TEKNIS ELEKTRONIKA sangat membantu pekerjaanku tentang tv sanyo dinamic ini, karena baru kali ini dapat kerusakan  tv ada gambar engga ada suara, tetapi PA dan speakernya normal dan tidak memakai ic swit AV. Aku sangat berterimakasih sekali kepada penulis blog tersebut. Semoga Artikel ini bisa dibaca untuk pemula seperti Aku ini

6 komentar:

junponorogo.blogspot.com mengatakan...

mantap Bos... sukses selalu slam kenal...

Unknown mengatakan...

matur nuwun kang Jun Ponorogo, salam kenal juga

Unknown mengatakan...

Pengalaman adalah Guru Utama dan jangan cepat Frustrasi
Trims infonya sudah berbagi and kenal kembali

Unknown mengatakan...

aduh gak jelas infonya... di perjelas dong!

Unknown mengatakan...

aduh gak jelas infonya... di perjelas dong!

JOHAN BP mengatakan...

Kalau tv sanyo tabung suara pelan meskipun volume max...apa nya kira kira???