SELAMAT DATANG DI BLOG KRISHNA ELECTRONIC

Jumat, 22 Maret 2013

TV SHARP PICOLO 21" ADA SUARA TANPA GAMBAR

Kemarin aku dapat Panggilan Servis tv, di desa Sidorahayu Kecamatan Way Panji, Kabupaten Lampung Selatan. Kata yang Punya Tv, suranya Normal, Bisa dipindah- pindah chanel dan diatur volume suaranya Normal bisa maximun dan bisa minimum, tetapi untuk gambar enggak ada yaitu gelap gulita. Segera aku coba nyalakan tv, ternyata memang sesuai dengan pengakuan yang punya, tak tunggu lama segera aku buka chasing tvnya,  coba ku nyalakan, terlihat Flyback bekerja dan heaterpun menyala, tetapi raster ngga ada sama sekali, coba ku ukur tegangan heaternya normal, Rgb normal, bagian screen; 0 volt. Apa ini yang dinamakan screen tabung short dengan Grounya, pikirku dalam hati, coba socket tabung ku lepas dan tv kembali aku nyalakan, voltase pada saluran screen ada. Aku pikir ini waktunya Praktek cara mengatasi screen tabung yang short dengan groundnya, dengan alat yang seadanya. Karena beberapa waktu yang lalu aku pernah baca-baca di blognya para Teknisi senior, salah satunya ada yang membahas tentang screen tabung yang short dengan groundnya.
Langkah pertama: aku cabut solderan screen pada pcb, trus kabel screenya aku solasi ujungnya
Langkah kedua   : aku lepas kabel Fokus, ku ikatkan pada obengku yang ada isolatornya pada peganganya,
Langkah ketiga   :  aku pasang socet crt nya, dan hidupkan tvnya
Langkah keempat: aku senggolkan ujung obeng yang dialirkan tegangan focus dari flybac yaitu ke pin crt bagian screen, cuman sedetik aja, trus tv aku matikan dari stekernya.
setelah itu aku pasang kembalisaluran screen dan fokusnya serti semula, kemudian tv aku coba hidupkan.
dan ternyata........ berhasil!!!!!!!!
tv menyala dengan sempurna.
 sekali lagi, pengetahuan dari blog para teknisi senior telah membantu aku dalam menyelesaikan pekerjaan aku sebagai teknisi elektronik panggilan

Tidak ada komentar: